Jagalah Kepercayaan

Jagalah Kepercayaan

“Kita telah menjaga keyakinan!”, ucap kita, “Kita tidak boleh surut oleh ancaman. Bermahkota mawar ke dalam kegelapan”.
Ini adalah puisi Rupert Brooke berjudul The Hill, yang bercerita tentang persahabatan. Tentu saja puisi ini mungkin saja sesuatu yang berbeda. Sulit untuk menjelaskannya. Namun, bagi saya, puisi ini tentang persahabatan, dua orang kekasih, dua sahabat. Puisi ini bercerita tentang menjaga kepercayaan, menepati janji untuk mendukung dan percaya. Tentu puisi ini mungkin saja tentang menjaga keyakinan dalam konteks agama. Namun kalau mengingat ini adalah puisi Brooke, saya ini pikir ini bukan masalah agama.
Menjaga kepercayaan adalah tentang menepati janji, memasuki kegelapan bermahkotakan mawar, bangga, tidak sungkan, karena anda tahu anda telah melakukan hal yang benar dan bersama dengan sahabat di masa yang sulit. Ini mungkin nilai nilai lama – kehormatan, kesetiaan, kepercayaan, kebanggan, dukungan, loyalitas, kekuatan, memahami situasi – namun pantas dimiliki. Kita hidup di masyarakat “sekali pakai” dan menepati janji, benar benar hadir ketika anda berjanji akan hadir, dapat diandalkan dan dipercaya, membuat anda menjadi manusia berkualitas yang memiliki nilai. Ini merupakan sesuatu yang baik.
Saat ini kita tidak memerangi rasa malu menjadi orang baik karena takut dianggap sok alim. Namun 2 hal tersebut benar benar berbeda. Menjaga kepercayaan adalah sesuatu yang anda lakukan. Bersikap sok alim adalah ketika anda mencoba mengubah orang lain. Memiliki nilai anda sendiri dan mempertahankannya boleh boleh saja. Mencoba mengubah orang lain agar sama dengan anda adalah merupakan tantangan dalam kebijaksanaan kehidupan. Hal ini membuat anda memiliki hal yang bijaksana dan baik. Semuanya tergantung pada anda, apakah anda akan bertumbuh dan belajar dalam menjaga sebuah hubungan dan tidak melanggar kepercayaan. Nilai nilai kuno ini tidak pernah ketinggalan zaman, berikut adalah puisi lainnya:

“……Proud we are, and laughed, that had such brave true things to say”……

0 Response to "Jagalah Kepercayaan"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label