Demokrasi Dan Dilema

Demokrasi Dan Dilema

Di dalam sejarah kita telah melihat bahwa suara mayoritas tidak menjamin bahwa hal itu sama dengan kebenaran. Suara mayoritas dapat menyebabkan bahwa di kemudian hari, asal orang banyak setuju, maka hal itu harus dijalankan. Demokrasi yang tidak didasarkan pada kebenaran akan mengakibatkan sirkulasi yang menuju kepada barbarianism yang baru. Kalau manusia mempunyai kebebasan dan mempergunakan kebebasan itu tanpa terkendali, maka kebebasan kebebasan itu mengakibatkan terjadinya keliaran di dalam masyarakat.
Saat ini, begitu banyak Negara yang mempermainkan istilah demokrasi. Itu berarti mereka sedang membunuh demokrasi yang sesungguhnya. Amerika akan menjadi Negara barbar, jika mereka tidak kembali kepada Tuhan. Jika manusia memakai kebebasan yang tidak dikontrol oleh kesucian Tuhan, ia akan menjadi orang hutan yang mengenakan pakaian pendidikan tinggi……..
Ini merupakan suatu pelajaran yang perlu dipelajari oleh semua mahasiswa di Indonesia. Kalau kita sungguh sungguh mencintai bangsa dan rakyat Indonesia, maka kita tidak mempunyai jalan lain kecuali kembali kepada Firman Tuhan. Jikalau yang duduk di atas mengerti bahwa manusia yang diciptakan menurut peta dan teladan Allah itu tidak boleh diinjak injak, maka Indonesia akan mempunyai hari depan. Jika tidak, walaupun sepuluh presiden bergantian memerintah Indonesia, keadaan tetapi tidak akan berubah.
Di satu pihak saya kagum dengan para mahasiswa di Indonesia, tetapi saya tahu bahwa jika mereka tidak kembali kepada Tuhan, maka Indonesia tidak akan mempunyai hari depan.
By Pdt.Dr.Stephen Tong

Dikutip dari buku Iman, Penderitaan Dan Hak Asasi Manusia (1999).

0 Response to "Demokrasi Dan Dilema"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label