Hak Asasi Manusia Sebagai Pondasi Demokrasi

Hak Asasi Manusia Sebagai Pondasi Demokrasi

Di bagian sebelumnya, kita sudah tahu bahwa demokrasi berdiri di atas prinsip hak asasi manusia, sekarang kita akan melihat hal ini dengan lebih mendetail.
Hak asasi manusia membuat kita berhak turut mengatur masyarakat. Mengapa?. Karena saya adalah manusia dan manusia adalah sebuah unit yang membentuk masyarakat. Kalau manusia adalah sebuah unit yang membentuk masyarakat, maka masyarakat ini harus bagaimana dan harus diatur oleh siapa? Setiap orang, yang merupakan unit dasar pembentuk masyarakat, harus turut campur, sehingga hak politik, hak sosial, dan hak menentukan pemerintahan dimiliki oleh semua orang. Meskipun setiap orang di dalam masyarakat harus bertanggung jawab kepada Tuhan, tetapi setiap orang juga berhak ikut campur di dalam pengaturan masyarakat dimana ia berada, karena mereka juga adalah unit unit yang membentuk suatu masyarakat. Jadi, apakah Negara harus diatur secara sewenang-wenang oleh satu orang, ataukah semua orang harus diikutsertakan di dalam pengaturannya?
Jawaban: Biarlah semua orang yang berada di Negara itu mempunyai hak untuk ikut campur di dalam pemilihan sistem, di dalam pemilihan dan pembatasan terhadap penguasa. Berarti hak asasi manusia menunjang demokrasi.


By Pdt.Dr.Stephen Tong 

0 Response to "Hak Asasi Manusia Sebagai Pondasi Demokrasi"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label