Tahap-Tahap Demokrasi

Tahap-Tahap Demokrasi

Demoktrasi adalah bagaikan seorang bayi di dalam kandungan yang sulit dilahirkan. Demokrasi menempuh jalan yang lama dan sulit sekali, bagaikan suatu kehamilan yang sudah amat tua dan sulit dilahirkan. Terkadang, kelahiran demoktrasi mengakibatkan luka yang berat bagi induknya dan kematian yang banyak bagi rakyatnya, dan menjadi suatu kecelakaan besar bagi jaman itu. Namun demikian, demokrasi tetap harus dilahirkan.
Di dalam ceramah saya di Taipei, saya mengatakan bahwa paling sedikit ada 7 tahap untuk menyetabilkan kemungkinan melaksanakan sistem demokrasi. Sekarang saya akan mengutip 2 diantaranya:
1. Harus memberikan pendidikan yang benar kepada rakyat. Jika rakyat tidak mempunyai pendidikan dan belum sungguh sungguh mengerti, tetapi sudah diberi kuasa untuk memilih, maka itu akan mendatangkan bahaya yang benar. Jika pendidikan dijadian strategi untuk membodohi rakyat, sehingga seluruh pikiran mereka telah diatur dan mereka membabi buta sehingga tidak dapat melihat dengan jelas, maka demoktrasi tidak dapat berjalan dengan baik.
2. Demokrasi baru dapat mempunyai fondasi yang stabil jika pers transparan dan segala informasi ditulis dengan jujur dan tidak memihak. Jika semua yang kita baca ditulis oleh mereka yang sudah mempunyai motivasi yang telah memihak, dan kita kemudian memberikan suara berdasarkanapa yang kita baca itu, maka itu berarti kita sudah diperalat oleh mereka.
Jika kedua hal ini tidak dikerjakan baik baik, maka kedua hal ini akan menjadi hal yang paling fatal bagi demokrasi.


By Pdt.Dr.Stephen Tong 

0 Response to "Tahap-Tahap Demokrasi"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label