Anda Harus Memiliki Rencana

Anda Harus Memiliki Rencana

Mengapa orang bodoh mudah kehilangan uang?, karena orang bodoh tidak memiliki rencana. Jika anda tidak memiliki rencana, anda akan tergoda untuk membelanjakan uang. Alih alih menginvestasikannya atau melupakan gagasan bisnis baru atau usaha merintis karier. Jika anda memiliki rencana, anda tahu apa yang sesuai dan tidak dengan rencana tersebut.
Sebelumnya anda mengetahui posisi anda saat ini, dan sekarang anda sudah tahu kemana anda akan menuju tujuan anda. Rencana memberi anda gagasan penting – bagaimana anda mencapainya. Kembali ke analogi Robinson Crusoe. Setelah mengumpulkan semua barang dan bangkai kapal yang tersisa, ia mulai membuat rencana, “saya akan membutuhkan tempat berteduh, makanan dan sesuatu untuk dilakukan”. Ia membangun gubuk di tepi pantai yang langsung berantakan begitu angina kencang bertiup. Belajar dari pengalaman ini, ia pun membangun gubuknya agak masuk ke pulau, menyatu dengan sebuah gua. Anda lihat, rencana terbaik pun seringkali memerlukan penyesuaian
Lakukan dahulu hal terpenting. Jika memiliki pekerjaan yang anda sukai dan merasa bahagia. Anda mungkin ingin mempertahankannya. Tapi jika ternyata gajinya kurang memuaskan, anda memerlukan rencana untuk memperoleh pendapatan dengan cara lain. Jika pekerjaan anda membuat anda menderita dan yang lebih buruk, membuat anda tetap berada dalam perangkap kemiskinan, maka berhenti dari pekerjaan tersebut harus menjadi prioritas dalam rencana anda.
Sertakan pengendalian keuangan dalam rencana anda. Jika anda punya uang, prioritaskanlah pelunasannya, disertai dengan pembatasan pengeluaran. Rencana tersebut mungkin menyertakan penggantian karier, penyelidikan gagasan bisnis, investasi uang, atau pengumpulan modal sehingga anda bisa memasuki pasar property.
Mungkin anda perlu menjual sesuatu. Banyak uang yang bisa diperoleh dengan menjual sesuatu, baik produk, jasa atau waktu dan keahlian anda. Itu sebabnya saya suka menulis buku, saat saya tidur pun ada toko buku di toko buku di suatu tempat yang sedang menjual buku buku saya. Bahkan, salah satu kebenaran mendasar tentang menjadi kaya adalah bahwa kekayaan, kekayaan sebenarnya, tidak datang dari gaji, upah, atau pendapatan rutin, melainkan dari melakukan transaksi dengan benar.
Jendral Patton pernah berkata, “Rencana yang baik hari ini lebih baik daripada rencana yang sempurna esok hari”. Apapun rencana anda, pastikan anda memilikinya, dan anda jalankan dengan baik. Jangan khawatir, ini akan memberi anda banyak gagasan untuk mengisi rencana anda. Ingatlah< “jangan duduk santai dan menunggu orang lain memberikan anda uang, jangan pernah!”
By Richard T



0 Response to "Anda Harus Memiliki Rencana"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label