Khawatir Boleh Saja, Namun Lebih Baik Belajar Agar Tidak Khawatir

Khawatir Boleh Saja, Namun Lebih Baik Belajar Agar Tidak Khawatir

Masa depan itu tidak pasti, menakutkan, dan tersembunyi. Kita bukan manusia kalau kita tidak khawatir pada saat tertentu. Kita mengkhawatirkan kesehatan kita, orang tua/anak anak/teman teman, hubungan kita, pekerjaan kita, dan pengeluaran kita. Kita khawatir kita akan menjadi semakin tua, gemuk, miskin, lelah, kurang menarik, kurang fit, kurang siaga secara mental, dan kurang dalam segala hal. Kita mengkhawatirkan hal hal yang penting dan yang tidak penting. Kadang kadang kita merasa bersalah jika tidak merasa khawatir.
Khawatir boleh saja sepanjang ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Jika tidak ada. Maka anda hanya menambah kerutan di dahi anda, dan itu membuat anda kelihatan lebih tua.
Langkah pertama adalah memutuskan apakah ada yang dapat anda lakukan untuk memperbaikki apapun yang anda khawatirkan itu atau tidak. Biasanya ada langkah langkah logis untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut. Saya khawatir orang orang tidak melakukan langkah langkah tersebut dan memilih untuk merasa khawatir dan tidak melepaskan diri dari kekhawatiran tersebut
Jika anda khawatir, maka:
Carilah nasehat praktis
Dapatkan informasi terbaru
Lakukan sesuatu, apa saja asal bersifat positif dan konstruktif
Jika adna sedang mengkhawatirkan kesehatan anda, pergilah ke dokter. Jika anda mengkhawatirkan uang, susun sebuah anggaran dan pergunakan uang adna secara bijaksana. Jika anda mengkhawatirkan berat badan, pergilah ke pusat kebugaran, kurangi makan, banyaklah ber olah raga. Jika anda khawatir menjadi tua, maka tidak ada gunanya ^^, anda akan tetap menua baik anda khawatir atau tidak.
Jika tidak ada yang dapat anda lakukan terhadapa apa yang anda khawatirkan atau jika anda orang yang selalu khawatir, bahkan hampir mendekati neurotic, maka pengalih perhatian merupakan satu satunya jawaban. Pikirkan sesuatu yang lain, seorang pira dengan nama yang cukup mengesankan, Michail Csikszentihalyi, mengidentifikasikan sesuatu yang dia sebut sebagai “aliran”, dimana anda begitu terserap dalam sesuatu yang anda sedang lakukan, begitu tenggelam sehingga anda tidak menyadari peristiwa di luar. Ini merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan dan benar benar menghilangkan kekhawatiran. Dia juga mengatakan, “kualitas kehidupan kita meningkat dengan tajam ketika ada paling tidak seseorang yang bersedia mendengarkan masalah kita”
Khawatir mungkin merupakan sebuah gejala bahwa anda tidak benar benar ingin melakukan sesuatu pada masalah anda, lebih mudah untuk terus khawatir, atau terlihat prihatin dan tampak khawatir daripada melakukan sesuatu untuk memecahkan masalah. Khawatir boleh saja jika hal ini memberikan keuntungan dan berguna. Namun anda tidak boleh mengkhawatirkan hal hal yang tidak berarti atau anda boleh saja terus mengkhawatirkan hal hal yang tidak perlu namun anda harus tahu bahwa itu merupakan perbuatan yang menyia nyiakan kehidupan….



0 Response to "Khawatir Boleh Saja, Namun Lebih Baik Belajar Agar Tidak Khawatir"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label