Ketahuilah Perbedaan Antara Harga Dan Nilai

Ketahuilah Perbedaan Antara Harga Dan Nilai

Saya pernah meminta ayah mertua saya untuk menjelaskan hal itu berkaitan dengan anggur. Bisakah sebotol anggur seharga 100 dollar di sebuah restoran mewah benar benar 20 kali lebih enak daripada sebotol anggur yang bisa anda beli seharga 5 dollar di toko lokal?
Jawabannya menarik. Ia mengatakan bahwa anda tidak hanya membayar anggurnya. Yang anda bayar adalah atmosfer, pelayanan, lokasi (kita sedang membicarakan Le Gavroche), keahlian pelayan menyajikan anggur, nama baik perusahaan pembuat, alas meja yang indah, privasi, dan keleluasaan, gaya dan kelas, makanan dan kepercayaan, kelembaban dan penyimpanan, suara dan lingkungan, para pengunjung restoran lainnya, dan pembicaraan yang menyenangkan.
Anggur hampir tidak relevan dan itulah intinya. Kita pikir kita tahu harga dari sesuatu. Namun nilainya bisa jauh lebih besar dari itu semua.
Saya memiliki sebuah mobil Mercedes tua (saya suka Mercedes tapi terlalu sayang untuk membeli yang baru dan menanggung semua penyusutannya). Tidak banyak uang yang saya keluarkan untuk membelinya. Mobil ini tidak akan pernah menjadi mahal selama orang takut kalau kalau mobil ini bermasalah dan merka harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya. Tapi anda perlu ingat bahwa karena dibuat dengan lebih baik, mobil ini pada kenyataannya jarang bermasalah. Saya pernah dikunjungi oleh seorang teman yang mengendarai sebuah mobil baru. Sebuah eurobox modern kecil yang tampak seperti pesawat ruang angkasa mini. Ia melirik Mercedes tua saya yang usang dan penuh lumpur. Ia berteriak, “wow, uangmu pasti benar benar banyak”. Saya berusaha menjelaskan bahwa anggapannya keliru, dan bahwa ia mungkin setidaknya mengeluarkan uang lima kali lebih banyak untuk membeli mobilnya daripada yang saya keluarkan untuk mobil saya itu. Tapi ia tidak mempercayainya. Ia mengamati Mercedes tua saya dan mengatakan bahwa nilainya lebih tinggi daripada harganya, yaitu harga yang sebenarnya dibayarkan. Hari itu saya belajar bahwa harga tidak mencerminkan nilai.
Ingat pula bahwa sesuatu hanya berharga bagi mereka yang bersedia membayarnya. Dalam sebuah katalog mungkin tertulis harga sebuah lukisan sebesar 500 dollar. Namun, hal itu hanya benar jika seseorang bersedia membayar sejumlah itu. Sebuah pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari. Harga sesuatu bisa jadi jauh lebih kecil dari nilai sesungguhnya, baik bagi anda atau orang lain. Atau lebih banyak lagi.
Kalau anda ingin menjadi kaya, dan saya tulus berharap seperti itu, jika anda menerapkan aturan aturan yang benar tentang keuangan dan melakukannya dengan cerdas, maka mempelajari perbedaan antara harga dan nilai akan bermanfaat bagi anda.

By Richard T

0 Response to "Ketahuilah Perbedaan Antara Harga Dan Nilai"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label