Jangan Terbelenggu Oleh Masa Lalu

Jangan Terbelenggu Oleh Masa Lalu

Apa pun masa lalu anda, itu sudah selesai!. Tidak ada yang dapat anda lakukan untuk mengubah apa yang sudah berlalu. Karenanya anda harus memusatkan perhatian anda pada masa kini dan masa depan. Memang sulit untuk menahan godaan untuk tidak mengingat apa yang sudah terjadi. Namun, jika anda ingin berhasil dalam kehidupan, anda harus mengalihkan perhatian anda kepada apa yang sedang terjadi pada anda sekarang. Anda mungkin tergoda untuk kembali ke masa lalu karena apa yang terjadi saat itu memang mengerikan atau indah sekali. Apapun yang terjadi, anda harus meninggalkan semua itu karena kita hidup yang sekarang ini.
Jika anda terus menerus mengenang dan mengingat masa lalu karena penyesalan, maka anda harus yakin bahwa anda tidak mungkin kembali lagi dan membetulkan apa yang telah anda lakukan. Jika anda terbelenggu oleh rasa bersalah, anda hanya merusak diri sendiri jika terus menerus melakukan hal itu. Kita semua pernah membuat keputusan yang buruk yang mempengaruhi orang orang di sekitar kita yang kita cintai dan sayangi namun tidak kita perlakukan dengan benar. Tidak ada yang dapat anda lakukan untuk menghapus semua itu. Yang dapat anda lakukan adalah berusaha untuk tidak membuat keputusan yang buruk lagi. Hanya itu yang diharapakan orang dari kita, yaitu bahwa kita tahu kita bersalah dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulanginya lagi.
Jika anda merindukan masa lalu yang indah, belajarlah untuk menghargai kenangan sambil terus maju dan memusatkan semua usaha anda untuk menemukan masa indah yang lain sekarang. Jika masa lalu benar benar lebih baik, maka (lepaskan sebentar kacamata yang membuat semua Nampak indah itu) mungkin anda akan mampu menganalisis mengapa – uang, kekuasaan, kesehatan, vitalitas, kegembiraan, dll. Lalu majulah untuk mencari jalan lain untuk anda jelajahi. Kita semua harus meninggalkan hal hal indah di belakang kita dan menemukan tantangan serta bidang baru yang akan menginspirasi kita
Setiap hari yang kita jalani adalah sebuah awal yang baru yang segar. Kita dapat memanfaatkan hari hari tersebut untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, menulis apa yang ingin kita tulis di kanvas kosong. Mempertahankan antusiasme tersebut mungkin sulit, mirip seperti mencoba ber olah raga. Pada saat saat pertama sangat sulit, namun kalau anda tekun, maka suatu hari anda akan menikmati jogging, berjalan, dan berenang tanpa keterpaksaan. Namun, memulainya benar benar sulit dan memerlukan kekuatan yang luar biasa dalam bentuk konsentrasi, antusias, dedikasi, dan ketekunan.
Cobalah untuk melihat masa lalu sebagai sebuah ruang yang terpisah dari ruang yang anda tinggali sekarang. Anda dapat memasuki ruangan tersebut, namun anda tidak tinggal di situ lagi, anda dapat mengunjunginya, namun ruangan itu bukan tempat anda lagi.
Tempat anda di sini sekarang, setiap detik dari saat ini sangatlah berharga. Jangan menyia nyiakan waktu yang demikian berharga ini dengan sibuk melihat ke belakang, atau kelak anda akan sibuk mengenang saat ini, dan bertanya tanya mengapa anda menyia nyiakannya.

Hiduplah di sini, sekarang, saat ini!, hiduplah untuk masa depan!!!!!!!

0 Response to "Jangan Terbelenggu Oleh Masa Lalu"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label