Milikilah Sebuah Rencana

Milikilah Sebuah Rencana

Anda harus memiliki sebuah rencana. Rencana adalah peta, petunjuk, target, focus, rute, pemandu arah, jalan, strategi. Rencana anda memberi tahu tujuan anda, apa yang harus anda lakukan, dimana anda harus berada pada waktu tertentu. Rencana anda memberi kehidupan anda sebuah struktur dan bentuk, keseriusan dan  kekuatan. Memang tidak semua rencana berhasil, tidak semua peta menuntun ke arah harta karun. Namun paling tidak anda memiliki kesempatan lebih baik jika anda memiliki peta dan sekop daripada anda hanya menggali secara acak. Atau seperti kebanyakan orang, tidak menggali sama sekali.
Rencana mengindikasikan bahwa anda telah sedikit berpikir mengenai kehidupan anda dan tidak hanya menunggu sesuatu muncul. Atau, seperti kebanyakan orang, anda bahkan tidak berpikir mengenai kehidupan namun hanya menjalani hidup, terus dikagetkan oleh apa yang terjadi.
Lakukan apa yang anda ingin anda lakukan, rencanakan, lakukan langkah langkah untuk mencapai tujuan anda, dan terus kejar apa yang anda inginkan. Jika anda tidak membuat rencana, semua hanya tinggal mimpi.
Lalu bagaimana kalau anda tidak memiliki rencana?, anda harus memperkuat perasaan tidak memegang kendali. Begitu anda memiliki rencana, semuanya akan tampak jelas. Begitu anda memiliki rencana, langkah langkah yang logis untuk mencapai rencana itu akan muncul. Rencana bukanlah mimpi, rencana adalah sesuatu yang anda rencanakan di pikiran anda, bukan sesuatu yang ingin anda lakukan. Memiliki rencana berarti anda telah memikirkan bagaimana anda akan melaksanakan rencana itu.
Tentu saja, hanya karena anda memiliki rencana tidak berarti anda terikat dengan rencana tersebut, harus mengikuti rencana tersebut atau mematuhi rencana tersebut apa pun yang terjadi. Rencana harus selalu ditinjau ulang untuk perbaikan, untuk perubahan ketika memang diperlukan. Rencana tidak boleh kaki, keadaan berubah, anda berubah, rencana anda berubah. Rincian dari rencana tidak penting, memiliki rencana itu penting.

Memiliki rencana memberi anda tempat untuk mundur. Ketika kehidupan menjadi sulit, dana anak anak sering melakukan ini, mudah bagi kita untuk melupakan kenapa kita di sini. Memiliki rencana berarti ketika kesulitan datang. Anda dapat mengingat, “apa yang akan saya lakukan? Oh ya, saya ingat, rencana saya adalah….”. dan anda kembali kepada jalur semula…

0 Response to "Milikilah Sebuah Rencana"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label