Pikirkan Apa Yang Akan Dikatakan Sejarah Tentang Anda

Pikirkan Apa Yang Akan Dikatakan Sejarah Tentang Anda

Jadi apa yang akan dikatakan sejarah tentang anda?, apa yang anda rasakan di hati anda tentang julukan anda setelah anda meninggal?, dan yang saya maksud bukan apa yang dituliskan di batu nisan anda, melainkan apa yang tertulis di catatan kosmik alam semesta. Secara pribadi, saya pikir saya bahkan tidak akan mendapat sebuah catatan kaki. Namun, jika saya harus memiliki catatan, saya ingin sejarah mencatat bahwa saya telah berusaha, mencoba sebaik mungkin untuk membuat perbedaan. Bahwa saya membela apa yang disebut sebagai kebenaran dan apa yang menjadi hak hak. Saya ingin sejarah mengatakan bahwa saya bangkit dan berusaha keras, itu saja sudah cukup!
Dan anda, sahabat, catatan macam apa yang anda inginkan?, menurut anda, apa yang akan dikatakan sejarah tentang anda?, bagaimana anda ingin sejarah mencatat anda?, adakah perbedaan di antara kedua hal itu?, dapatkah anda menjembatinya?, apa yang harus anda lakukan agar kesenjangan tersebut tersambung?, pikirkan apa yang akan dikatakan sejarah tentang anda sebagai pribadi dan tentang perbuatan anda.
Jika kita ingin sukses dan bahagia, kita harus peduli bahwa generasi penerus akan mewarisi dunia yang lebih baik dari dunia yang kita huni sekarang. Anda ingat semua buku buku tentang kepuasan pribadi yang diterbitkan di tahun 1970 an, buku buku tersebut mengatakan satu hal penting: “Jika anda memiliki sebidang tanah, maka anda harus memanfaatkannya lebih baik daripada pemilik sebelumnya”. Anda harus mengelolanya dengan baik.
Sama dengan dunia ini. Kita harus secara sadar memperbaiki dunia ini sekuat tenaga kita, seluruh kemampuan kita, sebelum kita tiada dan meninggalkan dunia ini. Kita harus bertanggung jawab atas apa yang telah dianugerahkan pada kita dengan memanfaatkannya secara baik sebelum tiada, dan mewariskannya kepada generai selanjutnya.
Bagaimana kita akan menunjuk lautan yang tercemar, sungai yang mengering, dan es yang mencair pada generasi berikutnya dan mengatakan, “Suatu hari semua ini akan menjadi milik kalian dan maafkan kamu atas apa yang telah kami lakukan”. Saya rasa mereka akan menjadi marah pada kita. Sejarah mungkin benar benar mencatat kita sebagai bangsa rayap. Kita telah menghancurkan, mencemari, dan membabat semuanya. Secara individual kita dapat membuat perbedaan. Kita harus membuat perbedaan. Secara individu, sejarah kehidupan harus mencatat diri kita sebagai orang orang yang melakukan perubahan dan melakukan prinsip prinsip yang benar serta bijaksana.
Yang menjadi masalah adalah bahwa di luar sana banyak sekali orang yang tidak akan berubah karena mereka pikir mereka tidak harus bertanggung jawab. Bila tidak ada yang melihat, mereka pikir mereka dapat lolos dari tanggung jawab. Sejarah kehidupan hanya akan membuat sedikit catatan tentang mereka…




0 Response to "Pikirkan Apa Yang Akan Dikatakan Sejarah Tentang Anda"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label