Penyakit (Disease) dan Keadaan Sakit (Illness)

Penyakit (Disease) dan Keadaan Sakit (Illness)

Apa yang terjadi di sini? Apakah John mengidap penyakit atau apakah pribadinya berada dalam keadaan sakit?, Apakah ia sembuh sesudah diobati (cured) atau sesudah pribadinya dipulihan (healed)? Apa perbedaan antara penyakit (disease) dan keadaan sakit (Illness)? Apa bedanya disembuhkan (cured) dan dipulihkan (healed)? Mari kita menjajaki hal tersebut supaya kita dapat memahami apa yang sedang kita bicarakan.
Penyakit (disease) adalah keadaan tertentu yang menyebabkan keseimbangan (homeostasis) seseorang tidak berfungsi dengan baik. Beberapa jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh berasal dari luar – misalnya melalui infeksi, kecelakaan atau keracunan. Beberapa jenis penyakit lainnya merupakan akibat terjadinya perubahan di dalam tubuhnya. Sesuatu telah merusak keseimbangan yang normal dan sehat dalam tubuhnya. Timbullah penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes. Tumor ganas merupakan akibat dari adanya kelainan fungsi sel. Sel sel tertentu mulai berkembang secara kacau.
Kita sudah banyak mengetahui bahwa penyakit yang berasal dari luar tubuh, tetapi kita kurang mengetahui tentang penyakit yang ditimbulkan oleh karena perubahan dalam organ organ tubuh. Mengapa pembuluh darah nadi yang kecil menyempit dan menimbulkan tekanan darah tinggi? Mengapa pancreas tidak lagi memproduksi insulin yang cukup? Mengapa sel sel yang normal menjadi abnormal dan berkembang menjadi kanker?

Di sisi lain, keadaan sakit berurusan dengan pribadi orang yang bersangkutan. Illness adalah segala hal yang tidak nyaman, yang menganggu, yang terjadi pada pribadi seseorang ketika mengidap penyakit di dalam tubuhnya. John mengidap penyakit  TBC – sebuah penyakit. Tetapi pribadi John itu sendiri berada dalam keadaan sakit, dan ini lebih dari sekedar kuman TBC pada jaringan dan organ tubuhnya. Ini mempengaruhi seluruh dirinya termasuk pikiran, perasaan, emosi dan hatinya – pusat kepribadiannya.

0 Response to "Penyakit (Disease) dan Keadaan Sakit (Illness)"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label