Kendalikan Nafsu Belanja Anda

Kendalikan Nafsu Belanja Anda

Cara paling pasti untuk mengkandaskan upaya menjadi orang kaya adalah dengan membelanjakan seluruh uang yang diperoleh. Ketagihan belanja adalah masalah besar. Nafsu belanja ada di setiap orang dalam berbagai tingkatan yang berbeda, namun kita harus bisa mengendalikannya. Jangan membiasakan diri berkhayal menikmati hal hal yang serba mewah terlalu mudah. Lupakan saja ide membeli mobil baru dan lupakan pula ide berlibur bermandikan cahaya matahari di suatu tempat yang jauh dan mahal. Singkatnya, anda harus mengendalikan nafsu belanja anda.
Izinkan saya membagikan sebuah rahasia. Kekayaaan bagaikan sebuah lomba, sebuah hadiah, atau sebuah garis finish. Kita semua harus berpacu dalam mencapainya. Sebagian dari kita bahkan tidak sampai pada garis start karena terlalu sibuk memikirkan berbagai hal yang tidak perlu dan membuat mereka tidak berani untuk mulai berlomba. Lalu lebih banyak lagi orang yang jatuh sepanjang lomba karena rasa malas, kelalaian dan sebagainya. Ada pula yang berguguran karena mereka tidak sanggup memikul beban kerja keras yang harus dilakukan. Dan yang lebih umum lagi adalah banyak orang yang tidak dapat menyelesaikan lomba karena mereka tergiur godaan berbelanja dan berbelanja lebih banyak lagi, lebih banyak lagi seakan akan tidak ada hari esok.
Padahal kita tahu hari esok itu ada dan ia datang dengan cepat. Mobil baru yang kemarin mengkilat kini mulai berkarat, dan liburan mahal terlalu begitu saja dan anda hanya memiliki beberapa foto orang dan tempat yang anda sudah tidak ingat lagi. Pakaian baru mahal yang dulu Nampak begitu menarik itu kini sudah terlihat usang dan tidak terpakai lagi. Kebenaran mendasar yang ada di sini adalah orang orang kaya tahu bagaimana mengendalikan nafsu belanja mereka, dan berkat kemampuan itulah mereka menjadi kaya. Setiap kali mereka perlu mengencangkan ikat pinggang, mereka dapat melakukannya.
Anda pun harus mampu mengencangkan ikat pinggang anda. Bahkan sebaiknya anda tidak mengendurkan ikat pinggang anda itu sejak awal. Kita harus menunda kenikmatan demi mendukung upaya kita meraih keuangan yang stabil, dan saya harap anda bisa mengingatnya dengan baik dan melakukan pengendalian keuangan anda. Kemampuan menahan nafsu belanja juga vital dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membeli sesuatu secara instan. Sebagai contoh, kalau melihat sesuatu yang menarik anda langsung ingin membelinya, tundalah beberapa saat, katakanlah beberapa minggu. Apakah anda masih menginginkannya?, biasanya, keinginan untuk membeli sesuatu akan runtuh kalau ditunda. Persulitlah diri anda sendiri untuk membelanjakan uang dan ciptakan jarak antara diri anda dengan godaan tersebut…..

By Richard T

0 Response to "Kendalikan Nafsu Belanja Anda"

Posting Komentar

Postingan Populer

Label